Ternyata Ada Dajjal As-Sufyani yang Muncul Jelang Akhir

Cilacap – Salah satu tanda dari sekian banyak tanda-tanda kiamat yang besar adalah munculnya Dajjal. Adapun tentang Sufyani sebagaimana keterangan ulama Turki yang bernama Badiuzzanan Said Nursi kurang semacam itu populer di kalangan masyarakat muslim.

Dajjal adalah sosok manusia umum yang memiliki keahlian menakjubkan. Oleh sebab keahliannya yang di luar logika ini menyebabkan ia memiliki banyak sekali pengikut.

Meski halnya dengan fitnah yang ia bawa dihadapan manusia, adalah fitnah terbesar yang belum pernah dijumpai sebelumnya.

Disebutkan demikian hebatnya Dajjal dengan keahliannya mengerjakan tipu kekuatan atas manusia, tetapi di akhir zaman ia berhasil di bunuh oleh Nabi Isa AS.

Siapa Dajjal Sufyani di Semestinya Dia
Menukil Republika, dalam kajiannya, ulama asal Turki, Badiuzzanan Said Nursi menyimpulkan bahwa Dajjal tidak cuma satu, tetapi ada banyak.

Dajjal akhir zaman sendiri ada dua. Pertama, Dajjal umat Islam yang dikenal dengan as-Sufyani. Kedua, Dajjal umat manusia atau Dajjal besar. Lalu apa yang dijalankan Dajjal dan Sufyani di akhir zaman?

Dalam kitabnya yang berjudul Al-Maktubat, Said Nursi menerangkan bahwa salah satu yang dijalankan keduanya adalah memanfaatkan perselisihan di kalangan kaum muslimin.

“Jikalau dalam beberapa hadis Nabi bahwa orang-orang seperti Dajjal dan Sufyani, yang memimpin orang-orang zindik dan kaum ateis pada akhir zaman, memanfaatkan perselisihan di antara kaum muslim dan umat spaceman slot manusia serta memanfaatkan ambisi duniawi mereka, sehingga mereka cakap menghancurkan umat manusia cuma dengan sedikit kekuatan, menebarkan kekacauan, serta membelenggu umat Islam,” jelas Nurzi.

Umat Islam Menjaga Ukhuwwah

malahan berpesan terhadap kaum muslimin. umat Islam benar-benar menginginkan kehidupan yang mulia, dan menolak menjadi tawanan kehinaan, karenanya patut sadar dan kembali pada logika sehat.

“Masuklah ke dalam benteng suci ukhuwah Islamiyah yang diamanatkan firman Allah,” kata Nursi.

Firman Allah yang dimaksud Nursi hal yang demikian adalah sebagai berikut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *