Ini Daftar Negara Terkecil di Dunia dan Paling Sedikit Penduduknya

Vatikan menjadi negara terkecil di dunia dan paling sedikit penduduknya menurut data terkini 2023. Populasinya sekitar 518 jiwa pada 1 Agustus 2023, Vatikan tenar sebagai Tahta Suci dan pusat keagamaan Katolik Roma. Padahal zonanya amat kecil, ketenaran Vatikan sebagai pusat keagamaan utama membuatnya menarik untuk diketahui oleh banyak orang di segala dunia.

Negara terkecil di dunia acap kali kali menjadi sorotan karena kontrasnya dengan negara-negara besar dalam hal ukuran wilayah dan populasi. Keterbatasan geografis dan jumlah penduduknya memberikan kekuatan tarik unik bagi negara-negara seperti Vatikan, Tuvalu, dan Nauru. Padahal kecil dalam hal luas dan jumlah penduduk, negara-negara ini seringkali mempunyai warisan budaya dan sejarah yang kaya, serta menjadi konsentrasi perhatian dalam info-info global seperti perubahan iklim dan keberlanjutan.

Sebuah negara dianggap sebagai negara terkecil di dunia menurut luas zonanya yang amat kecil dan populasi yang relatif sedikit. Unsur-faktor seperti keterbatasan geografis, sejarah, dan keberadaan entitas politik independen dapat memberi pengaruh status negara hal yang demikian. Padahal mempunyai luas wilayah yang kecil, negara-negara ini seringkali memainkan peran penting dalam diplomasi global dan mempertahankan identitas unik mereka di antara negara-negara lain di dunia.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam seputar negara terkecil di dunia dan paling sedikit penduduknya menurut data terkini, Rabu (15/5/2024).

Negara Terkecil di Dunia Menurut Luas

Ini daftar negara terkecil di dunia menurut luas wilayah yang dikutip dari website BBC Science Focus:

Vatikan: Vatikan merupakan negara terkecil di dunia menurut luas wilayah dan populasi. Berlokasi di tengah kota Roma, Vatikan cuma mempunyai luas 0,49 km persegi dan dihuni oleh sekitar 825 penduduk. Negara ini didirikan pada tahun 1929 lewat Perjanjian Lateran dengan Italia. Vatikan tenar sebagai pusat Gereja Katolik Roma dan menjadi daerah tinggal Paus. Situs-website ikonik seperti Kapel Sistina, Lapangan Santo Petrus, dan Basilika Santo Petrus menciptakan Vatikan sebagai tujuan ziarah dan liburan religius yang penting.
Tuvalu: Berlokasi di wilayah Oseania, Tuvalu merupakan negara kecil yang terdiri dari sembilan pulau dengan sempurna luas wilayah 26 km persegi. Populasinya sekitar 11.387 penduduk. Tuvalu merdeka dari Inggris pada tahun 1978. Negara ini amat rentan terhadap perubahan iklim dan kenaikan permukaan laut, yang mengancam keberadaan wilayah daratannya yang rendah.
Nauru: Nauru, juga di wilayah Oseania, mempunyai luas wilayah cuma 21 km persegi, menjadikannya salah satu negara terkecil di dunia menurut luas wilayah. Populasi negara ini sekitar 12.769 penduduk. Nauru merdeka pada tahun 1968 sesudah jangka waktu penjajahan oleh Jepang selama Perang Dunia Kedua. Negara ini diketahui karena cadangan fosfatnya, yang dahulu menjadi sumber utama pendapatannya.
Palau: Palau terdiri dari sekitar 340 pulau dengan sempurna luas wilayah 459 km persegi dan populasi sekitar 18.058 penduduk. Palau merupakan salah satu negara termuda, mendapatkan kemerdekaannya pada tahun 1994. Negara ini tenar dengan keindahan alamnya, termasuk terumbu karang yang menjadi tujuan populer bagi para penyelam.
San Marino: San Marino, dikelilingi oleh Italia, merupakan salah satu negara terkecil di dunia menurut luas wilayah, dengan luas 61 km persegi dan populasi 33.644 penduduk. San Marino mengklaim sebagai republik tertua di dunia yang didirikan pada tahun 301 Masehi. Negara ini tenar dengan arsitektur abad pertengahannya dan sejarah panjang sebagai entitas politik independen.
Monako: Monako, terletak di pantai Mediterania di Eropa, mempunyai luas wilayah cuma 2 km persegi. Negara ini berpopulasi sekitar 37.000 penduduk. Monako tenar sebagai daerah tinggal orang kaya dan selebritas dunia, berkat kasino mewah dan gelanggang balap Formula One Grand Prix. Padahal kecil, Monako merupakan salah satu negara paling padat penduduk di dunia.
Liechtenstein: Liechtenstein merupakan negara kecil di pegunungan Alpen dengan luas wilayah 160 km persegi dan populasi 39.558 penduduk. Negara ini tenar dengan pemandangan alamnya yang indah, termasuk pegunungan Rhatikon dan puncak Grauspitz. Liechtenstein merupakan salah satu dari sedikit negara yang dikelilingi sepenuhnya oleh daratan negara lain, merupakan Swiss dan Austria.
Kepulauan Marshall: Kepulauan Marshall di Oseania mempunyai luas wilayah 181 km persegi dan populasi sekitar 41.952 penduduk. Negara ini terdiri dari lima pulau besar dan berbagai pulau kecil. Kepulauan Marshall mendapatkan kemerdekaannya dari Amerika Serikat pada tahun 1979. Negara ini mempunyai sejarah panjang pemukiman manusia sejak 2000 SM dan sudah mengalami penjajahan oleh Spanyol, Jerman, dan Jepang.
Saint Kitts dan Nevis: Saint Kitts dan Nevis merupakan negara kecil di Karibia dengan luas wilayah 261 km persegi dan populasi sekitar 47.745 penduduk. Negara ini mendapatkan kemerdekaannya dari Britania Raya pada tahun 1983. Saint Kitts dan Nevis merupakan tujuan liburan populer berkat website-website bersejarah seperti Brimstone Hill Fortress National Park, yang merupakan salah satu website warisan dunia UNESCO.
Dominika: Dominika, terletak di Karibia antara Puerto Rico dan Trinidad dan Tobago, mempunyai luas wilayah 739 km persegi dan populasi sekitar 73.006 penduduk. Negara ini merdeka dari Inggris pada tahun 1978. Dominika diketahui karena keindahan alamnya dan pernah mempunyai perdana menteri wanita pertama di Karibia, Mary Eugenia Charles, yang menjabat dari tahun 1980 sampai 1995.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *