Bank Sentral Negara Brazil Targetkan Proposal Regulasi Kripto Rampung Akhir Tahun 2024

Bank sentral Brazil mengumumkan mereka telah memutuskan untuk membagi proses pengendalian aset kripto dan penyedia layanan aset virtual menjadi beberapa fase, dengan proposal aturan diinginkan pada akhir tahun ini.

Keputusan tersebut secara efektif menunda penyelesaian proses menyusul undang-undang 2022 seputar keadaan sulit ini, yang membuka jalan bagi aturan berikutnya oleh bank sentral.

Dalam sidang kongres tahun lalu, direktur aturan Bank Sentral Brazil, Otavio Damaso, memperkirakan aturan tersebut akan selesai pada Juni 2024.

Sesudah meluncurkan konsultasi slot sever thailand publik mengenai keadaan sulit ini pada Desember 2023, yang usai pada Januari, bank sentral mengatakan kini akan membuka konsultasi baru pada paruh kedua tahun ini.

Bank sentral mengatakan konsultasi publik pertama bertujuan untuk mengumpulkan usulan dari masyarakat, juga menyelesaikan keadaan sulit yang tak tercakup dalam undang-undang tahun 2022, seperti pemisahan aset dari penyedia layanan aset virtual.

“Pekan ini memerlukan dedikasi yang wajar dari regu yang terlibat dalam pekerjaan aturan,” kata Bank Sentral Brazil, dikutip dari Yahoo Finance, Menginformasikannya (9/6/2024).

Bank Sentral menambahkan keragaman kesibukan yang dilakukan oleh entitas di sektor aset virtual dan pelbagai struktur entitas tersebut memerlukan upaya permulaan ini.

Adapun konsultasi publik kedua, yang kini konsentrasi pada teks aturan, bertujuan untuk memakai usulan permulaan, sekali lagi dengan dukungan luas dari masyarakat, membangun kerangka aturan yang kuat.

Brazil Terbitkan Undang-Undang Pajak Kripto Luar Negeri

Sebelumnya, Presiden Brazil, Luis Inácio Lula da Silva telah menandatangani undang-undang yang mempersembahkan pajak atas aset kripto yang disimpan di luar negeri oleh warga negara Brazil.

Resmi Cointelegraph, Sabtu (16/12/2023), Lula menandatangani undang-undang tersebut pada 12 Desember, yang kemudian diterbitkan keesokan harinya di Diário Oficial da União, atau Buku Harian Persatuan. Undang-undang ini akan mulai berlaku mulai 1 Januari 2024.

Pajak baru tak cuma berlaku untuk kripto namun juga untuk profit dan dividen yang diperoleh pembayar pajak Brazil dari dana investasi, platform, real estate, atau perwalian di luar negeri. Pemerintah Brazil bermaksud mengumpulkan pajak baru sekitar 20 miliar real (USD 4 miliar) pada 2024.

Mereka yang mulai membayar pajak pada tahun 2023 ditawari profit permulaan, mereka akan membayar retribusi sebesar 8% atas segala pendapatan yang diperoleh sampai 2023 secara mencicil, dengan kreditan pertama diawali pada Desember. Mulai 2024, tarif pajak akan ditentukan sebesar 15%. Pendapatan luar negeri sampai 6.000 reais Brasil (USD 1.200) akan dibebaskan dari pajak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *